Minggu, 30 April 2017

Organisasi Mahasiswa di UGM: Jangan Cuma Jadi Mahasiswa Kupu-kupu

Welcome Gamada 2017 yang notabenenya baru banget bergabung di UGM! Selamat!

Weh, apaan tuh kupu-kupu?
Beberapa pasti dah pada ngga asing lah yaa. Kupu-kupu : kuliah pulang-kuliah pulang.
Kalo kalian merencanakan menjadi mahasiswa UGM atau baru aja gabung ke UGM nih, pastikan dirimu ngga akan jadi mahasiswa yang kerjanya cuma kuliah pulang-kuliah pulang.

Emang kenapa sih kak?
Wah, nyesel banget deh kalo udah ke kampus ini dengan seabrek kegiatan mahasiswanya, tapi kerjaanmu cuma di ruang kuliah dan kosan. Nyeseeel, serius deh. Soalnya UGM, dan Jogja juga tentunya, mewadahi banget buat kamu-kamu yang pengen mengembangkan diri di luar akademikmu.

Sedikit berbagi aja yaa tentang organisasi mahasiswa di UGM dari perspektif saya yang udah mahasiswa tua wkwk. Kalo ada kekurangsesuaian dengan keadaan saat ini, mohon dimaafkan.

Okey, mulai nih ya. Jadi, di UGM itu ada yang namanya Keluarga Mahasiswa (KM) dan ada yang namanya Unit Kegiatan Mahasiswa. Bingung? wkwk. Jangan berhenti di sini ya bacanya. Yuk lanjuut~
Keluarga Mahasiswa atau KM di tingkat univ, terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM UGM dan Senat KM UGM.

Ilustrasi Gelanggang Mahasiswa UGM, tempat berbagai kegiatan kemahasiswaan berlangsung
sumber: twitter.com

Mulai dari BEM KM UGM dulu ya. Kalo diibaratkan organisasi di SMA, BEM itu ibarat OSIS. Jadi ya ini lembaga eksekutifnya mahasiswa di UGM. Buat kamu yang suka bergerak dan suka menggerakkan, boleh banget masuk sini. Kegiatannya macem-macem, mulai dari mengawal kebijakan-kebijakan nasional sampai kebijakan kampus, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, pengadaan event-event tertentu, baik diskusi, hiburan, dll, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

BEM KM UGM dipimpin oleh seorang ketua yang lebih akrab dengan julukan Presiden Mahasiswa (Presma)yang dipilih melalui mekanisme Pemilwa (sejenis Pemilihan Umum untuk Mahasiswa). Untuk susunan organisasinya sebenarnya disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan saat itu, bergantung kebijakan Presma. Untuk tahun ini, strukturnya terdiri atas Presma, Sekretaris Jenderal yang membawahi Bendahara dan Sekretaris, serta Koordinator Menteri Eksternal dan Koordinator Menteri Internal yang masing-masing membawahi beberapa kementerian. Wah, kedengaran seru ya, seperti miniatur pemerintahan di Indonesia! Untuk selanjutnya tentang BEM KM UGM bisa lah di-kepo di media-media sosial BEM KM UGM.

Selanjutnya, selain BEM, ada juga yang dinamakan Senat KM UGM. Kalau diibaratkan dengan organisasi di SMA, senat ibarat MPK. Jadi senat bekerja di ranah legislaif. Paham kan ya ranah legislatif itu apa? Ya sederhananya nanti senat ini kerjaannya merumuskan undang-undang. Senat Universitas sendiri terdiri atas senat perwakilan partai dan senat perwakilan fakultas.

Loh? Di UGM ada partai? Yupp, bener banget, di UGM ada banget yang namanya partai mahasiswa. Makin mirip aja kan sama suasana perpolitikan di Indonesia? Untuk lebih tau tentang Partai Mahasiswa dan Pemilwa bisa dilihat di postingan saya mengenai Pemilwa yaa :)

Nah, berikutnya, ngga kalah menarik nih. Ada yang namanya Unit Kegiatan Mahasiswa atau disingkat UKM. Sejenis ekstrakurikuler gitu kali ya kalo di SMA. Hmm berhubung saya sudah ngga aktif di dalamnya, saya ngga paham apakah BEM sekarang sudah dimasukkan ke dalam UKM sehingga sejajar dengan UKM lainnya atau BEM berada diluar UKM. Silakan dikepo ke kakak-kakak yang masih aktif saja yaa.

Jadi, kumpulan UKM-UKM itu nanti diketuai oleh Ketua Forum Komunikasi (Ketua Forkom). Adapun UKM-UKM di UGM, jumlahnya ada buanyaaak sekali. Kalau tidak salah 50an UKM. Wah, banyak banget kan? Nyesel banget udah difasilitasin segitu banyak UKM tapi ngga join salah satunya.
Jaman saya, ke-50an UKM itu dikelompokkan jadi beberapa Sekber (Sekretariat Bersama) *sekarang istilahnya masih sekber ngga ya (?). Ada 4 Sekber, yaitu Sekber Kesenian, Sekber Olahraga, Sekber Khusus, dan Sekber Kerohanian.
Kalau disuruh menyebutkan masing-masing UKM, wah saya angkat tangan. Terlalu banyak! Saya coba sebutkan beberapa saja ya *wah, saya jadi terpaksa buka file Pemandu PALAPA lagi kan karena saking banyaknya wkwk.

Sekber Kesenian

  1. Swagayugama: recommended buat kamu yang pengen belajar tentang kesenian Jogja. Setau saya sih ada tari sama gamelan
  2. UKJGS (Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta): recommended buat kamu yang tertarik dengan kesenian Surakarta. Setau saya juga ada yang fokus ke gamelan dan ada yang tari.
  3. USER (Unit Seni Rupa): recommended buat kamu yang suka gambar, lukis, mural, atau berkreasi. Sering juga ngadain pameran.
  4. Gamaband: band kebanggaan UGM nih. Bahkan UGM ngewadahin kamu yang suka nge band loh!
  5. GMCO (Gadjah Mada Chamber Orchestra): buat kamu yang suka dan pengen nge gali kemampuan kamu di orkestra, bisa banget gabung disini.
  6. UFO (Unit Fotografi) UGM: wadah buat kamu-kamu yang sukak dan pengen bisa fotografi
  7. Teater Gadjah Mada: pengen belajar dan tertarik dengan teater? Gabung sini aja
  8. Unit Tari Bali: pas banget buat yang pengen belajar nari bali
  9. Paduan Suara Mahasiswa: punya modal suara bagus dan pengen berprestasi bareng dibidang itu? coba aja gabung PSM
  10. Marching Band: UKM yang keren abis penampilannya, jadi andalan saat penyambutan Gamada. Yang pastinya berkat kerja keras dan latihannya yang juga super keren
Sekber Olahraga (kalau yang ini saya sebutin aja ngga usah dijelasin pasti dah paham lah yaa)
  1. Atletik
  2. Basket
  3. Berkuda
  4. Bridge
  5. Bulutangkis
  6. Bola Voli
  7. Catur
  8. Hockey
  9. Judo
  10. Karate Inkai
  11. Karate Kala Hitam
  12. Kempo
  13. Merpati Putih
  14. Perisai Diri
  15. IKS Pro Patria
  16. PSHT
  17. Renang
  18. Selam
  19. Sepakbola dan Futsal
  20. Softball
  21. Taekwondo
  22. Tenis Lapangan
  23. Tenis Meja
Banyak banget kan UKM olahraganya? Tinggal dipilih dipilih~

Sekber Khusus

  1. BPPM Balairung : cocok buat kamu yang tertarik sama dunia jurnalistik
  2. SKM Bulaksumur : cocok buat kamu yang tertarik sama dunia jurnalistik
  3. EDS (English Debating Society) : recommended buat kamu yang pengen bisa cas cis cus debat bahasa inggris
  4. Koperasi Mahasiswa (Kopma): mau belajar bisnis dan mengelola koperasi? gabung sini ajaa
  5. Gama Cendekia: cocok buat yang tertarik sama keilmuan
  6. Unit Penalaran Interdisipliner: buat kamu yang tertarik sama keilmuan
  7. Mapagama: sejenis pecinta alam, yang suka bertualang, mendaki gunung lewati lembah *kok jadi Ninja Hattori sih wkwk, silakan ikut UKM ini
  8. Menwa (Resimen Mahasiswa): yang tertarik buat jadi orang yang lebih disiplin dengan pendidikan ala tentara, bisa banget gabung menwa. Kalau ngga salah, UKM terjun payung juga gabung disini.
  9. Peduli Difabel: buat kamu-kamu yang peduli dan pengen lebih jauh belajar dan membantu orang-orang difabel
  10. Pramuka Putra: insya Allah dah tau yaa :)
  11. Pramuka Putri: insya Allah dah tau yaa :)
  12. Unit Kesehatan Mahasiswa (Ukesma): kalau di SMA yaa sejenis PMR gitu. Isinya ngga cuma anak-anak dari fakultas kesehatan aja kok. Yang tertarik belajar tentang pertolongan pertama dan kesehatan dari fakultas manapun, bisa banget join
  13. AISEC: kalo suka banget exchange, pengen dapet info-info dan jaringan di luar negeri, bisa gabung sini
Sekber Kerohanian
  1. Jamaah Shalahuddin (untuk mahasiswa Muslim)
  2. Keluarga Mahasiswa Buddhis
  3. Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma
  4. Misa Kampus (Katolik)
  5. Unit Kerohanian Kristen
Sipp. Udah semua Sekber yaa. Wah, jumlahnya nyampe 50an ngga ya? Kalau belum 50an dan ada UKM-UKM yang belum tercantum mohon maaf yaa. Bisa dilengkapi di komen. Atau kalau ada penjelasan yang salah, silakan disampaikan yaa. Karena pengetahuan saya pun terbatas. Kan saya bukan anggota semua UKM hehe.

Bentar, udah apa aja ya tadi? KM (BEM KM dan Senat KM) sama UKM.
Nah, itu ditingkat Universitas kan. Di tingkat fakultas dan jurusan ada jugaa.

Waah banyak banget dong kegiatan mahasiswa  di UGM? Iya, banyak banget emang wkwk

Sama kaya ditingkat Universitas, di Fakultas juga ada lembaga eksekutif dan legislatifnya. Penyebutan lembaga eksekutif pun macem-macem, ada yang menyebutnya BEM, LEM, LM, dan DEMA, bergantung fakultasnya. Di tingkat jurusan, bakal ada yang namanya Himpunan Mahasiswa Jurusan tersebut. Nah, untuk legislatifnya, ada yang menyebutnya senat, tapi ada juga yang menyebutnya DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa). Selain itu, di fakultas atau bahkan jurusan, ada juga unit kerohaniannya. Ada juga kelompok studi di tiap-tiap fakultas atau jurusan buat kamu yang tertarik sama dunia keilmiahan. Dan tiap fakultas bisa jadi ga cuma satu kelompok studi loh. Misalnya aja di Biologi, ada banyak kelompok studi; kelompok studi kelautan, kelompok studi tentang anggrek, dan bahkan tentang serangga juga ada. Buat yang mau terjun di dunia kelompok studi, bakalan ada forum buat anak-anak kelompok studi se UGM, namanya SCCF (kepanjangannya saya ndak tau hehe).

Selain itu semua, buat kamu yang tertarik di bidang yang lebih terapan, ada banget yang namanya Gadjah Mada Robotic Team atau yang lebih dikenal dengan GMRT, Bimasakti, Semar, Arjuna. Biasanya yang gabung tuh anak-anak teknik dan mipa. Tapi setahu saya, sebenernya ada beberapa posisi yang dibuka untuk mahasiswa fakultas apapun.
Untuk GMRT sendiri, nanti dibagi-bagi lagi jadi tim-tim kecil dengan konsentrasi membuat robot yang berbeda-beda, ada yang membuat robot yang bisa melempar cakram, robot yang bisa menari, robot pemadam api, robot yang bisa sepakbola, seru kan? Kalau mau kepo lebih jauh tentang GMRT, bisa banget langsung kepo ke robotika.ugm.ac.id. 
Nah, untuk Bimasakti, Arjuna dan Semar, bentuknya mobil yak bukan robot hehe. Kalau Bimasakti itu fokusnya untuk membuat mobil formula, ya mobil balap gitu. Kalau Arjuna, diikutkan untuk kompetisi mobil listrik. Kalau Semar, diikutkan pada Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE). Kepo lebih jauh kunjungi web masing-masing aja yaa.

Sebenarnya masih banyak sih yang belum bisa saya sebutkan. Apalagi yang berada di tingkat fakultas dan jurusan. Sangat banyak kegiatan mahasiswa di sana dan sangat banyak yang menarik untuk dijajaki.

Kalau merasa minatmu belum terwadahi di berbagai kegiatan tadi, cus aja langsung ke komunitas-komunitas pemuda yang ada di Jogja. Ada banyak banget, mulai dari yang fokusnya lingkungan kaya KOPHI, KP Mangrove, dan Jogja Berkebun, fokus ke pendidikan antikorupsi kaya FLAC, fokus ke pencegahan merokok kaya 9CM, fokus ke anak jalanan kaya SSC, dan masih banyak lagi. 
Atau bisa juga kamu gabung ke organisasi mahasiswa ekstrakampus sejenis KAMMI, HMI, GMNI, dan sebagainya. 

Jadii, buat kamu yang sudah jadi mahasiswa atau baru 'calon' mahasiswa UGM, silakan dipikir-pikir lagi kalau kuliah cuma jadi mahasiswa yang kerjaannya kuliah pulang-kuliah pulang. Memang benar, amanah utama kita adalah belajar lalu lulus dan dapat kerja. Tapi ada satu hal yang perlu dicatat. Pembuka lapangan pekerjaan sekarang tidak hanya mencari mahasiswa yang pandai secara akademis, tapi mereka juga memperhatikan softskill kita. Orang pintar itu banyak, tetapi seorang yang pandai dan memiliki softskill yang baik, itulah yang dicari.

Silakan habiskan waktumu di kampus untuk belajar berbagai hal, silakan explore bakat, kemampuan akademik dan non akademikmu, silakan belajar berorganisasi dan bersosialisasi, silakan habiskan jatah gagalmu, hingga nanti saat kamu lulus dan diwisuda, kamu banyak mendapat bekal dan telah siap menjadi bagian yang akan berkontibusi besar di masyarakat! :)

Semoga bermanfaat!

*nb: bila ada yang mau dikoreksi, ditambahkan, silakan dituliskan saja di komen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar